10 Alasan Toko Online Sepi

10 Alasan Toko Online Sepi

10 Alasan Toko Online Sepi Pengunjung

Webiste toko online / bisnis masih sepi pengunjung? Padahal anda sudah mengupayakan berbagai hal, mulai dari optimasi SEO, pasang iklan, promo di media sosial, dll. Coba kamu cermati beberapa alasan berikut ini yang menyebabkan toko online anda sepi pengunjung. Mungkin beberapa alasan dibawah ini yang jadi penyebabnya. Berikut 10 alasan toko online sepi pengunjung :

1. Loading Website Terlalu Lama

Calon customer/pengujung memang paling malas untuk menunggu loading website yang lama. Meskipun produk yang anda jual berkualitas baik dan menarik. Jika sulit untuk diakses maka pengunjung pasti segera meninggalkan website anda dan beralih ke website lain yang menjual produk sejenis yang lebih mudah diakses.

Navigasi yang rumit dan bertele-tele juga membuat pengunjung segera meninggalkan website anda karena membingungkan bagi mereka. Buatlah sistem navigasi yang mudah bagi pengunjung untuk menemukan produk dan informasi yang mereka cari.

2. Desain website kuno dan kurang bagus

Desain website sangat menentukan citra perusahaan / toko online kamu. Jika desain website kamu bagus, brand image usaha kamu juga akan terkesan bagus dan profesional. Dan kebalikannya, jika desain website kamu kurang bagus, dapat mempengaruhi citra perusahaan yang kurang bagus juga, walaupun usaha kamu sangat bagus.

Website atau toko online juga ibarat sebuah toko, jika toko kelihatan bagus, calon pelanggan akan menginterprestasikan bahwa usaha kamu sangat bagus. Ketika pengunjung nyaman dengan tampilan website, ibarat marketing usaha kamu sudah berjalan maksimal sebesar 50%, sisanya tergantung eksekusi apa yang akan disampaikan kepada calon pelanggan.

3. Kesalahan Ketik Dan Ejaan

Hal ini terkadang merupakan kesalahan dasar yang bisa berakibat fatal. Tidak akan ada yang membeli jika dari awal mereka tidak memepercayaimu. Misal, kesalahan kata, ejaan, bahasa, dan masalah dasar lainnya pada halaman produk, atau halaman produk yang mengurangi kredibilitas. Pastikan selalu mengecek secara detail isi keseluruhan websitemu.

4. Kualitas Konten Rendah

Jangan asal membuat konten, buatlah yang unik dan bermanfaat. Jika konten anda bermanfaat maka akan disukai pengunjung dan SEO. Banyak ilmu konten yang tersebar di berbagai platform media sosial, dan secara umum, konten tersebut memiliki proporsi 80% konten informasi yang dibutuhkan masyarakat, 20% adalah konten marketing produk kamu.

5. Kualitas Gambar Rendah

Kualitas gambar sangat mempengaruhi penurunan jumlah pengunjung website toko online anda.  Gambar yang terlalu kecil, buram dan pecah sangat tidak disukai pengunjung. Berikan gambar yang berkualitas baik bahkan kalau perlu bisa di zoom. Hal ini memungkinkan konsumen memperbesar gambar untuk memeriksa lebih detail produk tersebut.

6. Suara Video/Musik Yang Mengganggu

Video atau suara musik/lagu  yang berputar secara otomatis justru dapat mengganggu pengunjung dan juga membuat waktu loading halaman menjadi lebih lama.

7. Tidak Ada Ulasan Produk

Tentu saja customer online akan lebih berhati-hati ketika ingin membeli produk secara online. Karena mereka tidak bisa secara langsung menyentuh produk itu, itulah mengapa mereka mencari cara untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang produk tersebut. Semakin minim ulasan tentang produk, maka semakin pengunjung tidak percaya dan ragu terhadap produk anda. Anda bisa meminta testimoni dari para customer anda yang, testimoni sangat membantu meyakinkan calon customer anda untuk take action.

8. Perbandingan Harga

Jika produk yang anda jual adalah produk massal / diproduksi sangat banyak. Maka perbandingan harga sangat berpengaruh. Pembeli online saat ini bisa dengan mudah mencari website lain untuk perbandingan harga. Customer selalu mencari penawaran terbaik. Lain halnya jika produk yang anda jual sangat terbatas dan dengan desain khusus. Maka harga dengan mudah anda kuasai.

9. Tidak Ada Promo Kupon/Diskon

Customer menyukai promo. Jika mereka tidak menemukan promo kupon/diskon apapun pada toko online, maka bisa jadi mereka akan meninggalkan situsmu dan berbelanja di tempat lain yang menyediakan promo/diskon yang menarik.

10. Proses Checkout / Pembayaran / Transaksi Terlalu Panjang dan Rumit

Ketika customer ingin melakukan checkout tapi prosesnya terlalu panjang dan rumit maka hal ini akan membuat pembeli tidak nyaman dan mungkin saja mereka membatalkan pembelian produk. Buatlah proses checkout/pembayaran yang mudah dipahami oleh pembeli.

Jika ada poin yang menjadi masalah kamu diatas dan ingin berkonsultasi bagaimana solusi yang tepat untuk bisnis online kamu, feel free to contact us yah

Related Posts
Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *